Sejarah, Visi dan Misi

Sejarah Berdirinya FLP Batamindo

     Forum Lingkar Pena (FLP) merupakan organisasi kepenulisan yang bergerak di segala bidang yang berhubungan dengan menulis dan pemberdayaan penulis. FLP berdiri di Jakarta pada tahun 1997, sebagai ketua umum pertama adalah Helvi Tiana Rosa. FLP dapat mendirikan FLP wilayah , cabang maupun ranting.
     Seiring dengan berkembangnya dunia kepenulisan pada umumnya dan kepenulisan yang bernafaskan Islam di tanah air khususnya, FLP Kepri yang diketuai oleh Nurul F. Huda kemudian melakukan terobosan dengan mengadakan seminar sehari yang di sebut BATRE (Basic Traning Of Writer) tanggal 7 Mei 2006 bertempat di Wisma Batamindo. Seminar ini sebagai langkah awal perekrutan anggota FLP yang baru. Peserta BATRE akan menjalani masa taining selama 6 bulan pertama untuk menjadi anggota. Selama training para peserta diberikan materi dan pelatihan kepenulisan dan nantinya diharapkan mempunyai karya yang berskala lokal maupuan nasional.
     Setelah menjalani pelatihan BATRE selama lebih kurang 5 (lima) bulan, pada tanggal 10 Agustus 2006 peserta BATRE bersama pengurus mengadakan musyawarah untuk membentuk FLP Ranting Batamindo sebagai perpanjangan dari FLP Kepri. Pengurus FLP Batamindo sendiri dilantik dan diresmikan pada tanggal 10 September 2006. FLP Batamindo menjalani kepengurusan selam 2 (dua) tahun, yaitu dari tahun 2006 – 2008.
     Meskipun secara struktural FLP Batamindo di bawah FLP Kepri, tetapi oleh karena berada di Kawasan Industri Batamindo (KIB) maka FLP Batamindo secara otomatis berada di bawah pengawasan PT. Tunas Karya sebagai lembaga yang berwenang mengatur dan mengawasi setiap organisasi di lingkungan KIB. Dengan demikian FLP Batamindo menjadi salah satu Unit Aktivitas (UA) yang tergabung dalam Karang Taruna Siaga Yudha (KTSY) di bawah pengawasan PT. Tunas Karya.
       FLP Batamindo mempunyai 5 (lima) divisi, yaitu Litbang (Penelitian dan Pengembangan), Kaderisasi, Humas, Dana Usaha, dan Perpustkaan. Pengurus FLP Batamindo sendiri diambil dari paserta BATRE, dengan syarat ia bekerja di kawasan Industri Batamindo walaupun tidak tinggal di kawasan tersebut.
     FLP Batamindo dengan tangan terbuka mengajak semua karyawan di KIB yang mempunyai hobi menulis atau yang berhubungan dengan dunia kepenulisan untuk bergabung dan bersama-sama memajukan dan mengembangkannya di lingkungan KIB pada khususnya dan Batam pada umumnya. Saat ini FLP Batamindo bersekretariat di dormitory blok A5 No.6 Mukakuning BIP.


Visi dan Misi

•Visi :
Menjadi sebuah Organisasi yang memberikan pencerahan melalui tulisan.

•Misi :
1. Meningkatkan mutu dan produktifitas karya anggota sebagai sumbangsih berarti bagi masyarakat.
2. Membangun jaringan penulis yang menghasilkan karya-karya berkualitas dan mencerdaskan.
3. Meningkatkan budaya membaca dan menulis di masyarakat.
4. Memperjuangkan kehidupan yang lebih baik bagi penulis.


Tujuan

1. FLP Batamindo sebagai organisasi kepenulisan aktif mengirimkan anggotanya baik dalam training, workshop, seminar, kongres penulisan atau acara yang sejenis dengan itu baik di tingkat ranting, cabang wilayah, dan nasional.

2. Berperan aktif mendorong perkembangan dunia penulisan di tanah air dengan menyelenggarakan kegiatan training, workshop, dan yang sejenis dengan itu baik di tingkat ranting cabang, wilayah dan nasional.

3. Berperan aktif melahirkan karya-karya terbaik di bidang sastra ,fiksi maupun non fiksi dengan menyelenggarakan lomba penulisan sastra,fiksi maupun non fiksi di tanh air.Tidak hanya.

4. Melahirkan penulis dan karya-karya yang berkualitas lokal, nasional, bahkan internasional. Bentuk up-grading penulis dan karyanya adalah dengan mengadakan workshop dengan penulis-penulis ’terpilih’ dari seluruh FLP wilayah, dengan harapan ’penulis terpilih ’tersebut dapat diproyeksikan untuk menghasilkan karya yang lebih menasional dan internasional.


Program Kegiatan

•Mengadakan bedah karya penulis tekenal
•Mengadakan lomba karya tulis
•Mengadakan pelatihan kepenulisan bersama narasumber yang kompeten
•Mengimplementasikan hasil karya (kirim ke penerbit )
•Mengadakan klub baca (diskusi)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar